EggQ

EggQ – Alat Pendeteksi Kualitas dan Kesegaran Telur Ayam Ras Negeri

 

EggQ merupakan sebuah alat untuk mendeteksi kualitas dan kesegaran telur ayam ras negeri dengan memanfaatkan teknik image processing dan teknologi pada android. Sehingga dengan menggunakan EggQ, pengukuran kualitas dan kesegaran telur ayam akan lebih objektif jika dibandingkan dengan teknik yang sudah ada. Telur ayam negeri akan diklasifikasikan menjadi beberapa kategori sebagai berikut :

  • AA (Kualitas sangat baik)
  • A (Kualitas Baik)
  • B (Kualitas Cukup Baik)
  • C ( Kualitas Tidak Baik)

Pengukuran ketinggian telur dengan Haugh Unit (HU) maupun mencocokan warna kuning telur dengan Yolk Color Fan secara kasat mata, hasil yang didapat akan bersifat subjektif disebabkan beberapa faktor seperti cahaya dan kemampuan penglihatan seseorang. Bentuk dan dimensi EegQ yang compact menjadikan perangkat ini dapat dengan mudah dibawa oleh pengguna. Perangkat EggQ menggunakan aplikasi berbasis android, memiliki interface yang sederhana, serta dilengkapi dengan petunjuk penggunaan EggQ, sehingga akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan EggQ.

Gambar 1. Tampilan EggQ

 

Gambar 2. Keunggulan EggQ

EggQ akan mempermudah pasar swalayan, grosir, distributor telur ayam, dan lain sebagainya agar dapat dengan mudah mengetahui kualitas telur ayam yang akan dibeli. Dengan terjaganya kualitas telur ayam yang dikonsumsi masyarakat maka gizi dari telur ayam yang akan dikonsumsi akan lebih terjamin sehingga tingkat kesehatan masyarakat akan meningkat. Kualitas telur yang baik akan banyak terserap oleh pasar sehingga akan berpengaruh pada tingkat pembelian telur ayam. Dengan kata lain, omset yang didapatkan para peternak ayam dan penjual telur ayam akan meningkat.

Melalui pengembangan produk yang didanai dari Calon Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) 2017, EggQ disempurnakan untuk menjadi sebuah produk yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Kemudian melakukan proses sertifikasi produk dan legalilitas berbadan hukum, serta sosialisasi produk EggQ dikenalkan ke masyarakat luas melalui pameran maupun promosi pasar.

Terimakasih kami ucapkan kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atas dukungan yang diberikan melalui Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Tahun 2017. Semoga alat ini dapat menjadi salah satu karya inovasi teknologi yang dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi bangsa Indonesia.

 

Salam

Tim EggQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.